• Toyota Higlander. -IST-
  • Toyota Higlander. -IST-
  • Toyota Higlander. -IST-
  • Toyota Higlander. -IST-
  • Interior Toyota Higlander. -IST-
  • Toyota Higlander. -IST-
  • Toyota Higlander. -IST-
  • Toyota Higlander. -IST-

Toyota Highlander Baru, Tampilan Mirip RAV4

Toyota Highlander Baru, Tampilan Mirip RAV4

Fri, 04/26/2019 - 12:53
Posted in:
0 comments

Toyota memperkenalkan SUV terbarunya, SUV Highlander 2020 yang tampil di ajang New York International Auto Show 2019. Sekilas tampilan baru Highlander tak ubahnya RAV4 yang dipoles di sana-sini.

Untuk diketahui, RAV4 baru beberapa bulan terakhir mengeluarkan tampilan barunya. Dan bila dilihat sepintas, Highlander baru ini mengadopsi RAV4 baru. Tampak jelas pada permukaan yang lebih tajam dan banyaknya fitur permukaan di sepanjang sisi.

Selain model standar, kabarnya Toyota juga menyiapkan Highlander Gas pada Desember 2019 dan Highlander Hybrid akan sampai ke tangan konsumen pada Februari 2020.

Toyota memang mengandalkan model SUV. Setelah RAV4 muncul memperkuat compact crossover pada 22 tahun yang lalu, Highlander pertama kali hadir di segmen midsize SUV pada 2001 dan menjadi template untuk SUV keluarga yang nyaman.

Menjadi model terlaris di segmennya sejak 2006, Toyota kini menghadirkan Highlander generasi keempat. Tampil dengan platform baru Toyota New Global Architechture (TNGA-K), pabrikan asal Jepang itu mengklaim Highlander lebih aman, nyaman, dan aman dibandingkan model sebelumnya.

Secara ukuran, Highlander baru ini memiliki panjang 60mm. Tampilan luar untuk pertama kalinya didukung velg berukuran 20 inci. Highlander baru memiliki 8 warna yaitu Blizzard Pearl, Celestial Silver Metallic, Midnight Black Metallic, Magnetic Gray Metallic, Moon Dust, Ruby Flare Pearl, Blueprint dan Opulent Amber.

Untuk mesin, Highlander menggunakan mesin 3.5 liter V6 dengan tenaga 295 hp. Mesin ini didukung transmisi otomatis Direct Shift 8 kecepatan. Ada juga pilihan mesin hybrid 2.5 liter DOHC four cylinder dengan dua motor listrik. Pilihan drive mode NORMAL, ECO, dan SPORT.

Berbagai fitur keselamatan dipasang lewat Toyota Safety Sense 2.0 yang meliputi Pre-Collision System with Pedestrian Detection (PCS w/PD), Full-Speed Range Dynamic Radar Cruise Control (DRCC), Lane Departure Alert with Steering Assist (LDA w/SA), Automatic High Beam (AHB), Lane Tracing Assist (LTA), dan Road Sign Assist (RSA).

Selain itu juga ada Blind Spot Monitor (BSM) with Rear Cross Traffic Alert (RCTA), Parking Support Braking dan Intelligent Clearance Sonar (ICS) yang tersedia di beberapa model.

Di bagian kabin diperkuat sistem entertainment dan konektifiitas lewat multimedia system touchscreen 12.3 inci untuk tipe platimum dan 8 inci untuk model lainnya. Tambahannya adalah JBL Premium Sound System berkekuatan 1.200 watt.

Untuk konsumen yang menginginkan unit yang lebih efisien dapat memilih varian hybrid dengan mesin 2.5-liter DOHC empat-silinder. Ditambah lagi dengan sokongan dua motor listrik sehingga dua sumber tenaga tersebut dapat melecutkan 240 hp.

Namun yang paling penting dari varian hybrid satu ini adalah klaim pabrikan yang mengatakan 17 persen lebih efisien. Pada varian hybrid juga tersedia dua mode penggerak yaitu front wheel drive dan AWD.

Dikatakan di atas bahwa all-new Toyota Highlander lebih aman. Karena telah dilengkapi dengan berbagai perangkat keselamatan seperti Pre-Collision System with Pedestrian Detection (PCS w/PD), Full-Speed Range Dynamic Radar Cruise Control (DRCC), Lane Departure Alert with Steering Assist (LDA w/SA), Automatic High Beam (AHB), (New) Lane Tracing Assist (LTA), (New) Road Sign Assist (RSA).

Lebih jauh ketika konsumen hendak bermain lebih liar dengan kendaraan ini dapat mengandalkan fitur seperti Hill Start Assist Control (HAC), Trailer Sway Control (TSC), Downhill Assist Control (DAC).

//AUTOWEEK.com/CARVAGANZA.com/OTOSPIRIT.com