Primary tabs

Memalukan..! Menteri Kebudayaan Inggris jalin hubungan dengan PSK

LONDON - Menteri Kebudayaan Inggris, John Whittingdale, mengakui dirinya pernah memiliki hubungan asmara dengan seorang pekerja seks komersial (PSK). Namun, dia mengatakan tidak mengetahui dari awal apa pekerjaan sang kekasih sebenarnya.

Dia mengatakan sudah mengakhiri hubungan dengan perempuan itu pada Februari 2014, setelah dirinya mengetahui pekerjaannya.

Editor politik BBC Laura Kuenssberg mengatakan, peran Whittingdale dipertanyakan, mengingat dia menerapkan regulasi media ketika ada beberapa surat kabar yang sudah memperoleh kisah mengenai hubungannya dengan PSK, tapi tidak dipublikasikan.

Whittingdale bersikeras peristiwa itu tidak mengganggu tugasnya sebagai menteri yang membidangi kebudayaan, media dan olahraga yang dia emban sejak Mei 2015.

Pihak Downing Street mengatakan Whittingdale "adalah seorang pria lajang yang berhak atas kehidupan pribadinya" dan Perdana Menteri David Cameron menaruh kepercayaan penuh kepada dirinya.

Memalukan

Kepada BBC, Whittingdale mengaku menjalin hubungan dengan seorang perempuan antara Agustus 2013 dan Februari 2014 lewat situs pencari jodohMatch.com .

"Usianya sama dengan saya dan tinggal tidak jauh dari rumah saya. Waktu itu dia tidak menunjukkan apa pekerjaan dia yang sebenarnya dan saya baru mengetahui hal ini ketika seseorang mencoba menjual kisah tentang saya ke sebuah tabloid. Setelah saya menyadari hal ini, saya langsung mengakhiri hubungan ini."

Whittingdale mengaku peristiwa itu terjadi jauh sebelum dirinya menjadi menteri.

"Ini adalah kisah lama yang agak memalukan pada saat itu. Peristiwa ini terjadi jauh sebelum saya mengemban tugas sebagai menteri. Kejadian ini tidak pernah mempengaruhi keputusan yang saya ambil sebagai Menteri Kebudayaan."

Menteri kabinet bayangan dari Partai Buruh, Chris Bryant, yang pernah bertugas sebagai Menteri Kebudayaan bayangan sampai September tahun lalu, mengatakan: "Dia memiliki hak penuh atas kehidupan pribadinya, namun setelah mengetahui hal ini, dia seharusnya mencabut semua regulasi pers.

Kepentingan umum

Sebelum menduduki posisi dalam kabinet , Whittingdale menjabat sebagai ketua bidang Kebudayaan Umum, Media dan Komite Olahraga selama sepuluh tahun.

Awal bulan ini, sebuah situs jurnalisme bernamaByline melaporkan bahwa Whittingdale memiliki hubungan dengan seorang perempuan penghibur profesional.

Wartawan politik BBC, Ben Wright mengatakan fakta tentang beredarnya cerita tersebut di kalangan media telah menimbulkan sejumlah pertanyaan tentang potensi konflik kepentingan yang melibatkan orang yang bertanggung jawab atas regulasi media dan motivasi surat kabar serta lembaga-lembaga penyiaran yang tidak menayangkan insiden tersebut.

Sejumlah surat kabar mengatakan kepada BBC mereka tidak memuat cerita tersebut karena hal itu bukan kepentingan umum.

Namun, Brian Cathcart, pendiri kelompok kampanye Hacked Off yang menginginkan regulasi pers ketat, mengatakan kredibilitas Whittingdale sudah rusak. (BBC/Viva/01)