Primary tabs

Luar Biasa! Mobil Mewah Rp6,5 M Ini Ludes Dipesan dalam Waktu Singkat

Mobil Aston Martin ini dibanderol 500.000 dollar AS atau sekitar Rp6,5 miliar. Namun, hanya dalam tempo singkat sudah ludes dipesan. Maklum, Aston Martin Vanquish Zagato ini hanya diproduksi sebanyak 99 unit.

Di dunia hanya ada 99 orang yang sangat beruntung mendapat kesempatan memiliki mobil sport edisi khusus buatan Aston Martin, salah satu merk asal Inggris yang paling keren ini.

Sangat beruntung karena kali ini Aston Martin hanya akan memproduksi sebanyak 99 unit dengan harga per satu unit US$500.000 atau sekitar Rp6,5 miliar.

Vanquish Zagato coupe, demikian nama mobil ini, begitu diburu orang sehingga Aston Martin tak lagi membuka pemesanan. Sudah habis terjual, sold out.

Ini tak mengherankan karena edisi terbatas mobil-mobil mahal memang biasanya sudah habis dipesan sebelum proses produksi dimulai.

Sebut saja Ferrari FXXK yang dijual per unit 2,5 juta euro, lalu edisi khusus Porsche 911R, dan Lamborghini Centenario yang dibanderol £1,7 juta.

Kali ini, Aston Martin menggandeng rumah produksi Zagato di Italia untuk membuat Vanquish Zagato.

Bagi produsen mobil, pendekatan bisnis ini ditujukan untuk menciptakan ‘kegairahan dan eksklusivitas’.

Namun bagi konsumen, tentu saja tak disukai karena hanya segelintir orang saja yang akan memilikinya.

Sesuai namanya, Vanquish Zagato dirancang dengan menggandeng rumah desain Zagato yang berbasis di Milano, Italia.

Kedua pihak sudah berkolaborasi sejak 1960-an dan mobil yang mereka produksi banyak diburu orang. Misalnya DB4GT Zagato buatan tahun 1962 yang laku £9,5 juta dalam lelang di New York pada Desember 2015.

Vanquish Zagato coupe yang bisa dipacu hingga kecepatan 321 km/jam memiliki dua pintu dengan bodi terbuat dari komposit serat baja. Bandingkan dengan bodi mobil konvensional yang biasanya berbahan campuran aluminium, magnesium, dan panel karbon.

Tenaga Vanquish Zagato berasal dari mesin Vanquish standar yang sudah mengalami upgrade yang membuatnya berkekuatan total 592 tenaga kuda.

Dengan konfigurasi mesin V12 6 liter, Vanquish Zagato bisa dipacu dari 0 hingga 60 mil/jam hanya dalam tempo 3,5 detik. Kecepatan maksimalnya, jika Anda penasaran, sekitar 200 mil/jam atau setara dengan 321 km/jam.

Dengan spesifikasi dan desain yang begitu eksotis, tak mengherankan jika 99 unit Vanquish Zagato laku terjual bahkan sebelum humas Aston Martin selesai menerbitkan pengumuman tentang rencana produksi edisi ini.

Bagi 99 orang yang beruntung bisa memesannya, tentu saja mereka nanti bisa mengendarainya dengan senyum lebar di wajah.

Untuk yang lain (meski punya uang berlebih), cukup saja menikmati foto-fotonya di majalah otomotif atau di poster mobil-mobil mewah.

>BBC-M4R10