Primary tabs

Jasa Marga akan Bagikan Kartu Tol Gratis

PT Jasa Marga Tbk (Persero) berencana akan membagikan uang elektronik (e-money) gratis di sejumlah ruas jalan tol.

Pembagian kartu tol gratis ini merupakan hasil kerjasama BUJT dan sejumlah bank sebagai upaya percepatan pengalihan ke transaksi elektronik di semua gerbang tol.

Nantinya, insentif untuk pengguna tol diberikan dalam bentuk diskon, dimana BUJT dan  bank masing-masing memberikan diskon Rp10 ribu untuk pembelian kartu perdana. Dengan demikian total diskon kartu perdana yang diberikan adalah sebesar Rp20 ribu.

Jasa Marga menemukan penetrasi transaksi non tunai di gerbang tol sebesar 79 persen. Itu berarti, ada 21 persen pengguna yang masih menggunakan uang tunai untuk membayar tol.
Menurut rencana periode berlakunya penawaran ini adalah 16 Oktober 2017 – 31 Oktober 2017. Program ini lebih ditujukan kepada mereka yang belum memiliki kartu uang elektronik. Namun, bagi yang sudah memiliki e-money untuk menggunakan kartu lama dan mengisinya secara berkala sesuai saldo.

Secara bertahap, petugas GT nantinya sudah tidak lagi menerima uang tunai sebagai alat pembayaran. Sebagai gantinya, untuk pembayaran di jalan tol ini dilakukan dengan menggunakan uang elektronik, diantaranya E-Toll dan E-Money (Bank Mandiri), Brizzi (Bank BRI), TapCash (Bank BNI), Blink (BTN) serta Flazz (Bank BCA). ***