• -ist-
  • -ist-
  • -ist-
  • -ist-

Ini Dia! 7 Jenis Makanan yang Dapat Turunkan Kolesterol

Ini Dia! 7 Jenis Makanan yang Dapat Turunkan Kolesterol

Sat, 03/24/2018 - 08:26
Posted in:
0 comments

SEPERTI yang telah diketahui, kolesterol terbagi menjadi dua jenis, yakni kolesterol baik (HDL) dan kolesterol jahat (LDL) yang berasal dari metabolisme lemak. Kolesterol jahat akan berakibat buruk bila jumlah yang tersimpan di dalam tubuh terlampau tinggi.

Terdapat sederet pencetus tingginya kolesterol jahat, salah satunya karena terlalu banyak menyantap makanan berlemak. Bila terus dibiarkan, hal tersebut akan memicu beragam penyakit seperti obesitas, diabetes, stroke, hingga jantung.

Untuk menghindarinya, menjalani gaya hidup sehat seperti memilih makanan dan berolahraga adalah jalan yang kerap dilakukan. Namun selain itu, mengkonsumsi makanan tertentu rupanya juga dapat menurunkan kadar kolesterol. Makanan apa saja?

Berikut tujuh bahan alami yang ampuh menurunkan kolesterol seperti dilansir Boldsky:

1. Oat

Oat merupakan salah satu bahan makanan yang sejak lama dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Kandungan serat yang hadir dalam oat dapat membantu menurunkan kolesterol jahat, serta mengurangi penyerapan kolesterol dalam aliran darah sehingga akan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

2. Jus jeruk

Selain oat, jus jeruk rupanya juga dapat menurunkan kolesterol secara perlahan. Periset menemukan bahwa kandungan vitamin C, folat dan flavonoid dalam jus jeruk dapat memperbaiki sel lipid darah pada orang yang memiliki kolesterol tinggi.

3. Almond

Kacang almond dikemas dengan kandungan lemak tak jenuh yang dapat membantu meningkatkan kolesterol baik dan menurunkan kolesterol jahat. Sebuah studi mencatat bahwa mengkonsumsi almond setiap hari akan membantu mengurangi kadar kolesterol hingga 3 sampai 19 persen.

4. Salmon

Salmon mengandung asam lemak omega-3 yang disebut EPA dan DHA. Keduanya bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Selain itu, salmon juga dapat membantu menurunkan trigliserida dan meningkatkan kolesterol baik, sehingga dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular seperti jantung dan stroke.

5. Teh Hijau

Meminum teh hijau secara rutin juga rupanya dapat membantu mengurangi kolesterol jahat. Teh hijau mengandung senyawa alami yang dapat mencegah penyerapan kolesterol di saluran pencernaan dan juga mengurangi penumpukan plak pada saluran arteri.

6. Kedelai

Bagi orang dengan kolesterol tinggi, menambahkan kedelai ke dalam menu makanan merupakan salah satu cara terbaik dalam menjaga pola makan. Kandungan protein, vitamin, mineral dan serat yang terkandung dalam kedelai dapat membantu menurunkan kolesterol jahat yang mengendap dalam tubuh.

7. Alpukat

Alpukat merupakan salah satu sumber lemak alami yang dapat membantu menurunkan kolesterol jahat. Kandungan vitamin B kompleks, vitamin K dan mineral di dalamnya secara efektif dapat membasmi kolesterol jahat yang menumpuk dalam saluran darah dan pencernaan.

<>Uzone