• Wuling Almaz 7-Seater. -IST-

Wuling Almaz 7-Seater Murah Meriah yang Berlimpah Fitur

Wuling Almaz 7-Seater Murah Meriah yang Berlimpah Fitur

Tue, 07/16/2019 - 07:16
Posted in:
0 comments

SETELAH lama menunggu, Wuling Almaz 7-Seater akan segera mengaspal di Indonesia. Mobil yang di negeri asalnya, China dikenal dengan Baojun itu akan unjuk kebolehan dalam ajang pameran otomtoif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 mendatang.

Dalam kesempatan perkenalannya kepada media, wartawan sudah mencoba langsung Almaz 7-Seater yang disebut-sebut berlimpah fitur wah ini.

Yang bikin penasaran banyak pecinta otomotif di tanah air, pada Almaz ini Wuling Motors menghadirkan fitur Wuling Indonesian Command (WIND) yang merupakan teknologi voice command pertama berbahasa Indonesia.

 “Tahun kedua Wuling berkarya di Indonesia memberikan kami semangat terus berinovasi dengan teknologi terdepan. Salah satu wujudnya adalah implementasi WIND, fasilitas voice command interaktif dengan bahasa sehari-hari pada varian terbaru Almaz. Fitur ini tentunya dapat membantu pengguna berkendara,” kata Cindy Cai, Vice President Wuling Motors.

Hadirnya WIND pada smart multimedia 10,4 inch touchscreen di Almaz varian terbaru memungkinkan pengguna menyalakan, mematikan, atau mengoperasikan berbagai fitur kendaraan, seperti pendingin udara, jendela, panoramic sunroof, akses fitur hiburan seperti musik atau radio, melakukan panggilan telepon, menjalankan aplikasi misalnya Wulinglink ataupun TPMS, memperbesar atau mengecilkan volume, serta menanyakan tanggal dan waktu saat ini.

Dari sisi performa, Wuling Almaz didukung mesin bensin berkonfigurasi 4 silinder 1.500cc turbocharger yang mampu menghasilkan daya maksimal 140 Tk dan torsi 250 Nm.

Terdapat pula transmisi CVT untuk menyaluran tenaga ke roda depan dengan perpindahan serta pilihan mode berkendara eco, sport dan 8-percepatan manual simulation. Dalam rangka memberikan pilihan akomodasi, kini Almaz dilengkapi dengan konfigurasi bangku 7-seater. Selain itu, berbagai fitur modern juga tersemat pada SUV terbaru ini seperti panoramic sunroof, start-stop button, keyless remote, keyless entry, hingga sound system keluaran Infinity by Harman.

Untuk menjamin keselamatan berkendara, Almaz terbaru didukung Electric Parking Brake (EPB), Auto Vehicle Holding (AVH), Traction Control System (TCS),Hill Hold Control (HHC) Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake force Distribution (EBD), Brake Assist (BA), Electronic Stability Control (ESC), Tire Pressure Monitoring System (TPMS), hingga Emergency Stop Signal (ESS).

Dari sisi kenyamanan tempat duduk, di jok paling belakang pun masih terasa sangat nyaman dan lega. Masih ada sisa headroom meskipun sedikit. Sementara legroom-nya masih dalam batas wajar, kendati kaki harus dipaksa menekuk ke atas.

Jok pada baris belakang Almaz 7-Seater ini juga sudah dibekali dua buah sandaran. Dan secara material, kualitasnya cukup baik. Busanya pun lumayan empuk. Kabar baiknya lagi, kedua jok ini bisa dilipat 50 : 50 dan bisa dilipat rata lantai.

Sebagai informasi, meski di Wuling Almaz terbaru ini sudah pakai konfigurasi 7-Seater, soal dimensi masih mempertahankan spek lama. Panjangnya 4.655 mm, lebarnya 1.835 mm, dan tingginya 1.760 mm. Jarak sumbu rodanya pun masih sekitar 2.750 mm.

Bicara soal harga, dari sejumlah showroom yang sudah memajang penjualan secara online menyebutkan menyebut angka di kisaran Rp300 jutaan. Untuk spek tertinggi dengan fitur paling komplit dibanderol Rp324 juta.

Sekilas terasa cukup mahal untuk mobil pabrikan China, namun melihat tampilan dan fitur berlimpah khas Almaz, angka itu disebut sejumlah pengamat otomotif sebagai ‘murmer’ alias murah meriah. Paling tidak dibandingkan dengan pabrikan Jepang selevel seperti Honda All New CRV Prestige (spek tertinggi) yang dibanderol Rp519 juta. [//BBS/01]