• Kali Pete di depan Legenda Park Padurenan. -BEKASIPOS-

Setelah Ramai di Medsos, Kali Pete yang Jorok & Bau Kini Berangsur Bersih

Setelah Ramai di Medsos, Kali Pete yang Jorok & Bau Kini Berangsur Bersih

Tue, 10/15/2019 - 03:42
Posted in:
0 comments

KALI Pete yang membelah sejumlah perumahan di Bantargebang, Padurenan, Cimuning, Mustikajaya dan sekitarnya berangsur bersih. Tim Lingkungan Hidup (LH) Kecamatan Mustikajaya membersihkan kali tersebut dari sampah dan kotoran lain yang menyumbat kelancaran aliran air.

Program revitalisasi itu berlangsung setelah banyak muncul keluhan warga di media sosial terkait kondisi sungai yang sudah sangat parah tercemar lembah bahan kimia beracun (B3) yang dibawa dari sejumlah perumahan. Kondisi tersebut diperparah oleh aliran air lindi dari TPA Bantargebang.

Pada musim kemarau, air dari Kali Pete menimbulkan bau yang sangat menusuk hidung. Bau busuk itu semakin parah pada siang hari, saat terik matahari menghunjam sungai.

Warga yang berdiam di dekat mulut sungai yang paling merasakan dampak dari tidak terurusnya aliran sungai tersebut. Bahkan, sejumlah pedagang di Legenda Park dan Bekasi Timur Regency disebut-sebut menghindari berjualan makanan di siang hari, karena baunya merusak ‘nafsu’ orang yang mau makan.

Berbagai keluhan yang mencuat di media sosial membuat Walikota Bekasi, Rahmat Effendi ‘gerah’. Mereka minta aparat setempat, mulai dari lurah dan camat untuk memberikan solusi riil. Terlebih, waktu musim hujan segera tiba.

Tak lama kemudian, pihak Kecamatan Mustikajaya melalui UPTD Lingkungan Hidup langsung bergerak membersihkan kali tersebut. Belasan petugas diturunkan ke lapangan mengatasi masalah klasik soal sampah yang memenuhi aliran kali tersebut.

Pembersihan tersebut kini semakin menampakkan hasilnya. Pohon-pohon dan sampah yang semula menutup badan sungai tampak mulai bersih dari pandangan mata. Warga pun mengaku ikut senang melihat lingkungannya tambah bersih.

“Ternyata, kali yang semula penuh sampah dan bau bisa juga dibersihkan. Ngga pake lama pula,” komentar salah satu warga di media sosial yang melihat postingan terbaru kondisi sungai Pete.

Warga lain menimpali, “Sekarang tinggal bagaimana warga menjaga kondisi yang semakin baik ini dengan memulai budaya hidup bersih. Jangan membuang sampah sembarangan. Perlu tindakan tegas dari warga dan aparat untuk bersama-sama menjaga lingkungannya. Sebab, sehebat apa pun Pemda, tentu punya keterbatasan. Kalau warga mau ikut bersama peduli tentu semua akan terasa mudah untuk diwujudkan,” komentar seorang warga di media sosial.

//M01