• LRT Jabodebek. -lrtjabodebek.com-

2019 LRT Diujicoba, Warga Bekasi dan Cibubur Bisa Naik LRT 2 Tahun Lagi

2019 LRT Diujicoba, Warga Bekasi dan Cibubur Bisa Naik LRT 2 Tahun Lagi

Wed, 06/26/2019 - 09:14
Posted in:
0 comments

Dua tahun lagi, warga Bekasi dan Cibubur terhubung dengan moda transportasi light rail transit (LRT) Jakarta, Bogor, Depok, dan Bekasi (Jabodetabek).

Rencananya LRT Jabodebek akan uji coba untuk kali pertama pada tahun 2019 meliputi lintas Cawang-Cibubur. Ujicoba tersebut masih menunggu kelayakan dan penyelesaian struktur LRT.

Hal ini tentu berbeda dengan LRT di Kelapa Gading – Pulomas yang baru-baru ini sudah lebih dulu melakukan uji coba.

Corporate Secretary PT Adhi Karya Ki Syahgolang Permata mengatakan moda transportasi LRT Jabodebek tahap 1 akan beroperasi pada tahun 2021.

"Hanya tahap 1 yakni lintas layanan Cibubur-Cawang, Bekasi Timur-Cawang, dan Cawang-Dukuh Atas," ujar Ki Syahgolang kepada Kompas.com, Selasa (25/6/2019).

Ada pun transportasi berbasis rel ini terdiri atas tiga relasi, yakni Cawang-Cibubur, Cawang-Bekasi Timur, dan Cawang-Kuningan-Dukuh Atas, dengan biaya Rp 513,79 miliar per kilometer.

Mengutip situs LRT Jabodebek, persentase kemajuan pembangunan terlihat dari Lintas pelayanan 1 yang meliputi Cawang sampai Cibubur yang sudah mencapai 82,69 persen. Pada bulan lalu, progres konstruksi mencapai 81,69 persen. Selain itu, progres pembangunan lintas Cawang hingga Dukuh Atas pada bulan lalu mencapai 50,72 persen. Sedangkan bulan ini mencapai 51.902 persen.

Kemudian kemajuan pembangunan lintas Cawang sampai ke Bekasi Timur tercatat mencapai 57,053 persen dari bulan sebelumnya yang mencapai 56,01 persen. "Pengerjaan kami target selesai Juli 2020. Lalu, perlu enam bulan uji coba sehingga beroperasi efektif di 2021," ujar Ki Syahgolang.

Untuk diketahui, proyek infrastruktur transportasi ini diatur dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 65 tahun 2016 Tentang Percepatan Penyelenggaraan Kereta Api Ringan/Light Rail Transit Terintegrasi di Wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Dan Bekasi.

Anggaran pembangunan LRT Jabodebek yang dikerjakan PT Adhi Karya (Persero) Tbk tahap pertama sepanjang 44,43 kilometer ini mencapai Rp 22,82 triliun. Angka tersebut termasuk Pajak Pertambahan Nilai (PPN) 10 persen.

Proyek Lintas Rel Terpadu Jabodebek atau disingkat LRT Jabodebek adalah sebuah sistem angkutan cepat dengan kereta api ringan (LRT) yang direncanakan akan dibangun di Jakarta, Indonesia dan menghubungkan Jakarta dengan kota-kota disekitarnya seperti Bekasi dan Bogor. Ada 2 penggagas LRT di Jakarta, Pemprov DKI yang akan membangun LRT dalam kota dengan nama LRT Jakarta dan PT Adhi Karya yang akan membangun LRT yang menghubungkan Jakarta dengan kota sekitarnya dengan nama LRT Jabodebek.

Gagasan LRT Jabodebek mulai muncul ketika Proyek Monorel Jakarta yang sempat diaktifkan kembali pada Oktober 2013 oleh Gubernur DKI saat itu, Joko Widodo tersendat pengerjaannya. Tersendatnya pekerjaan tersebut karena Pemprov DKI dan Gubernur DKI penerus Joko Widodo, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) tidak akan mengabulkan permintaan yang diajukan oleh PT Jakarta Monorail untuk membangun depo di atas Waduk Setiabudi, Jakarta Selatan dan Tanah Abang, Jakarta Pusat. Sebab, hasil kajian Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyatakan bahwa jika depo dibangun di atas Waduk Setiabudi, dikhawatirkan peristiwa jebolnya tanggul Latuharhari terulang kembali.

Stasiun LRT untuk Rutes Cawang – Harjamukti (Cibubur), yaitu:

Stasiun LRT Harjamukti

Stasiun LRT Ciracas

Stasiun LRT Taman Mini Indonesia Indah

Stasiun LRT Kampung Rambutan

Stasiun LRT untuk Rute Cawang – Jatimulya (Bekasi Timur), yaitu:

Stasiun LRT Jati Mulya

Stasiun LRT Bekasi Barat

Stasiun LRT Cikunir-2

Stasiun LRT Cikunir-1

Stasiun LRT Jati Bening Baru

Stasiun LRT untuk Rute Cawang - Dukuh Atas, yaitu:

Stasiun LRT Cawang

Stasiun LRT Cikoko

Stasiun LRT Ciliwung

Stasiun LRT Pancoran

Stasiun LRT Kuningan

Stasiun LRT Rasuna Said

Stasiun LRT Setia Budi

Stasiun LRT Dukuh Atas

Lokasi Depo LRT Jabodebek berada di Jati Mulya

//KOMPAS.com/lrtjabodebek.com/wikipedia/01