Primary tabs

Hari Minggu Ini KRL Bekasi-Cikarang Resmi Beroperasi

MINGGU (8/10) ini KRL lintas Bekasi – Cikarang secara resmi untuk pertama kalinya beroperasi. Masyarakat Bekasi dan Cikarang yang ingin merasakan pengoperasian hari pertama KRL ini memanfaatkan waktu libur dengan naik KRL dengan jarak sekitar 15 km tersebut.

Pengoperasian tersebut setelah Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meresmikan pengoperasian Stasiun Bekasi Timur, Sabtu (7/10/2017).

Menurut Menhub, pengoperasian Stasiun Bekasi Timur dan pengoperasian KRL Lintas Bekasi-Cikarang akan memudahkan warga Cikarang yang ingin menuju ke Jakarta.

"Selain itu, pengembangan jaringan dan peningkatan pelayanan di lintas Bekasi–Cikarang ini juga memisahkan lintas utama kereta api jarak jauh dan menengah dari lintas angkutan kereta api commuter line Jabodetabek," ujar Budi.

Dengan begitu, maka frekuensi perjalanan dan kapasitas KRL yang menuju Jakarta dan sebaliknya, dikatakan Budi, bakal bertambah.

Stasiun Bekasi Timur yang dibangun sejak Februari 2015 memiliki luas bangunan kurang lebih 870 meter persegi dan memiliki area parkir seluas 16 ribu meter persegi untuk 100 mobil dan 300 motor.

Selain itu, Stasiun Bekasi Timur juga memiliki dua unit lift yang ditujukan untuk penumpang lansia dan penyandang disabilitas.

Untuk menunjang moda transportasi di Bekasi, Walikota Bekasi Rahmat Effendi yang ikut saat peresmian mengaku akan menambah rute baru angkutan umum dari dan ke stasiun Bekasi Timur.

<>KOMPAS.com/01