Ekonomi & Bisnis

BUMN Karya Susun Strategi Bangun Infrastruktur Ibu Kota Baru

Direktur Utama PT Adhi Karya (Persero) Tbk Budi Harto mengatakan pihaknya telah membentuk tim yang bertugas mempelajari program pemindahan ibu kota. Menurut dia, pemindahan ibu kota menawarkan peluang besar bagi perusahaan jasa konstruksi.

Namun, ia belum menghitung anggaran perseroan untuk pengerjaan proyek tersebut.

"Kami menunggu dulu dari pendanaan pemerintah. Pokoknya kami siap," katanya, Rabu (21/8).

Genjot Infrastruktur, BUMN Jadi Risiko Besar APBN

Pembangunan infrastruktur yang begitu masif memang tidak cukup hanya mengandalkan sumber pembiayaan dari instrumen APBN. Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) Imaduddin Abdullah menyebutkan, proyeksi kebutuhan infrastruktur selama periode 2015-2019 mencapai Rp 4.700 triliun. APBN diprediksi hanya mampu menutup 41,3% kebutuhan, sedangkan BUMN ditargetkan dapat menyumbang 22% atau Rp 1.034 triliun.

Proyek Konstruksi Jalan Tol Krian – Legundi – Bunder – Manyaran Capai 70,24 Persen

Jalan to Krian – Legundi – Bunder – Manyar terbagi menjadi empat seksi, yaitu Seksi 1 ruas Krian – Kademean Mengganti sepanjang 9,45 Km, Seksi 2 ruas Kademean Mengganti – Boboh sepanjang 13,53 Km. Selanjutnya, untuk Seksi 3 ruas Boboh – Bunder sepanjang 6,02 Km, dan untuk Seksi 4 ruas Bunder – Manyar yaitu sepanjang 9,39 Km.

Proyek Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan Mulai Gelar Musyawarah Ganti Rugi Lahan

Musyawarah tersebut berlangsung pada tanggal 18-19 Juni 2019 di Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Saat ini, pengadaan tanah pada proyek pembangunan Jalan Tol Japek II Selatan sudah memasuki tahap pelaksanaan sebanyak 177 bidang dari 288 bidang. Perinciannya adalah Desa Mulyamekar sebanyak 104 bidang dan 73 bidang di Desa Cigelam.

Uang Sewa Naik 600%, Ribuan Pedagang Pasar Bukittinggi ‘Menjerit’

Walikota Bukittinggi H. Ramlan Nurmatias lewat Perwako (peraturan walikota)-nya menurut pengadu secara sepihak memberlakukan aturan yang menghilangkan hak pedagang pemilik toko untuk menjadikan toko mereka sebagai jaminan ketika meminjam kredit ke bank. Walikota juga tidak mau melayani pedagang pemilik toko yang ingin membaliknamakan toko ke pihak lain.

Hingga September 2018, Utang BUMN Capai Rp 5.271 Triliun

Utang tersebut meningkat dari 2016 yang jumlahnya Rp 2.263 triliun, dan 2017 yang jumlahnya Rp 4.830 triliun. Artinya dari 2017 ke September 2018, utang BUMN meningkat Rp 441 triliun.

"Utang awalnya Rp 2.263 triliun, menjadi Rp 4.830 triliun. Dan kemudian kuartal III, akhir September 2018 utang BUMN meningkat ke level Rp 5.271 triliun," katanya dalam rapat dengar pendapat (RDP) dengan Komisi VI DPR RI di Kompleks DPR RI, Jakarta, Senin (3/12/2018).

Manajemen Garuda Indonesia Harus Serius Sikapi Mogok Pilot

Ketua DPR, Bambang Soesatyo, mengingatkan manajemen PT Garuda Indonesia agar menyikapi serius ancaman mogok para pilot pesawat Garuda Indonesia pada musim mudik.

"Ancaman dari para pilot itu bukan yang pertama kali, sehingga mengindikasikan ada persoalan krusial antara manajemen dengan para pilot belum terselesaikan," kata dia, melalui pernyataan tertulisnya, di Jakarta, Minggu.

Dia bilang, berdasarkan catatan yang dihimpunnya ada beberapa kali aksi mogok dari pilot Garuda Indonesia, karena menuntut kenaikan gaji.