Primary tabs

Cemari Sungai, Walikota Segel Pabrik Pencelupan Jeans

SUDAH setahun mencemari Kali Cikeas-Bekasi, sebuah pabrik pencelupan celana jeans di Cikiwul Bantargebang, PT ML disegel Walikota Bekasi, Rahmat Effendi, Kamis (19/7). Penyegelan yang menghasilkan limbah B3 itu disaksikan camat dan lurah setempat.

Dari hasil penelitian laboratorium Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi, limbah beracun yang mengalir ke Kali Bekasi itu sangat berbahaya. Padahal, dari aliran sungai ini dijadikan air baku air minum PDAM Kota Bekasi.

Dalam peninjauannya ke lapangan, Walikota yang didampingi Camat Bantargebang dan Lurah Cikiwul juga melihat banyak pihak melanggar dalam garis sempadan sungai (GSS), sehingga bangunan yang melanggar tersebut rawan banjir.

Pemkot Bekasi akan bekerjasama dengan Dirjen Sumber Daya Air Kementerian PUPR untuk menata kembali GSS Kali Cikeas - Kali Bekasi.

Pada kesempatan peninjauan lapangan, Kamis pagi, Walikota juga menegur aparatnya yang telah membiarkan gunungan sampah di lahan kosong dekat perumahan warga. Walikota minta agar camat dan lurah sebagai pemegang pemerintahan setempat tanggap dan segera mencari solusi atas permasalahan sampah yang dikeluhkan warga tersebut.

"Kalau lurah datang dan melihat masalah ini seharusnya segera diatasi dan tidak sampai seperti ini," kata Walikota sambil menunjuk sejumlah gunungan sampah yang sebenarnya tak jauh dari TPA itu. (FB)