BUSINESS

Revolusi Industri 4.0 Diyakini Mampu Membuka Banyak Lapangan Kerja Baru

Dalam sambutannya, Kepala Negara meminta Indonesia harus siap menghadapi era advanced robotics ini.

"Hari ini kita luncurkan program ini, menanggapi revolusi industri 4.0 yang sedang men-transform dunia. Ada riset yang mengatakan revolusi industri [4.0] dampaknya akan 3.000 kali lipat dari revolusi industri pertama di abad 19. Kita harus mengerti dan antisipasi ini," kata Jokowi.

Tahun Ini BUMN Ditarget Raup Untung Rp200 Triliun

Sekretaris Kementerian BUMN Imam Apriyanto Putro menyebutkan perolehan laba perusahaan milik negara pada awal pemerintahan Kabinet Kerja hanya sekitar Rp140 triliun. Namun kini terus bertambah hingga 28 persen menjadi Rp183 triliun.

"Profitability ketika Ibu Rini masuk menjadi Menteri masih sekitar Rp140 triliun, sekarang hampir Rp180 triliun. Bu Menteri justru harapannya tahun ini bisa tembus Rp200 triliun," tutur Imam seperti dikutip dari Antara, Rabu (28/3).

Cari Dana Murah, Waskita Karya dan Jasa Marga akan RDPT di Pasar Modal

Deputi Bidang Usaha Konstruksi dan Sarana dan Prasarana Perhubungan (KSPP) Kementerian BUMN Ahmad Bambang mengatakan bahwa langkah ini dilakukan demi memperkuat keuangan perseroan. Maka dari itu, pendanaan melalui instrumen RDPT dinilai cocok bagi Jasa Marga dan Waskita Karya yang banyak berinvestasi pada proyek infrastruktur berskala besar.

Hotel Indonesia Group Bidik Kelola 60 Hotel BUMN

Sejauh ini komposisi pemegang saham mayoritas HIG dipegang oleh HIN, yakni 51 persen, dan sisanya 49 persen dimiliki Patra Jasa.

Direktur Utama Patra Jasa sekaligus salah satu pendiri Hotel Indonesia Group (HIG) Muhamad Haryo Yunianto mengatakan pertumbuhan hotel BUMN di bawah HIG bakal membuat seluruh hotel BUMN memiliki standarisasi operasional dan layanan yang seragam.

BUMN Dominasi Proyek Infrastruktur, 37 Ribu Kontraktor Swasta Gulung Tikar

Wakil Ketua Umum III Gabungan Pelaksana Konstruksi Nasional Indonesia (Gapensi), Bambang Rachmadi menyatakan, akibat dominasi BUMN di proyek infrastruktur, sekitar 37 ribu kontraktor swasta bangkrut. Kontraktor-kontraktor tersebut gagal mendapat order atau tidak dibayar oleh pemberi kerjanya.

‎"Dalam proyek infrastruktur, rata-rata BUMN mendapat order Rp 328 triliun per BUMN. Swasta hanya Rp 15 miliar per perusahaan," ujar dia dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin (26/3/2018).

Belanja Modal Semen Indonesia Menyusut 58 Persen

"Untuk tahun ini anggarannya sekitar Rp 2,5 triliun," ujar Agung Wiharto, Sekretaris Perusahaan SMGR, Kamis (15/3).

Tahun lalu, capex SMGR sekitar Rp 6 triliun. Artinya, capex tahun ini menyusut 58%.

Dari alokasi tersebut, sebesar Rp 1 triliun untuk maintenance. Sisanya untuk proyek-proyek perusahaan. "Proyeknya juga tidak besar," imbuh Agung.

Utang BUMN Makin Menggunung, Prospek Proyek di Daerah Belum Jelas

Peneliti senior di Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Faisal Basri mengatakan pembangunan infrastruktur sebenarnya lebih banyak mengandalkan pembiayaan dari dana internal BUMN yang mendapat penugasan pembangunan.

Menurut dia, infrastruktur yang sedang gencar dibangun oleh negara melalui BUMN kebanyakan berasal dari dana masing-masing perusahaan tersebut. Bukan berasal dari utang yang diambil pemerintah langsung.

Facebook Tuai Kritik Terkait Laporan Penyalahgunaan Data

Harga saham Facebook merosot, sedangkan regulator dan legislator di Amerika dan Eropa menuntut jawaban. Sementara itu, muncul gerakan baru “Delete Facebook” atau “Hapus Facebook”.

Facebook, raksasa media sosial yang memiliki lebih dari 2 miliar pengguna, menghadapi kekacauan setelah muncul berbagai laporan bahwa data 50 juta penggunanya diberikan ke sebuah perusahaan yang membantu kampanye kepresidenan Donald Trump.

Mobil Mewah Rp6,5 M Ini Ludes Dipesan dalam Waktu Singkat

Di dunia hanya ada 99 orang yang sangat beruntung mendapat kesempatan memiliki mobil sport edisi khusus buatan Aston Martin, salah satu merk asal Inggris yang paling keren ini.

Sangat beruntung karena kali ini Aston Martin hanya akan memproduksi sebanyak 99 unit dengan harga per satu unit US$500.000 atau sekitar Rp6,5 miliar.