March 2018

Tahun Ini BUMN Ditarget Raup Untung Rp200 Triliun

Sekretaris Kementerian BUMN Imam Apriyanto Putro menyebutkan perolehan laba perusahaan milik negara pada awal pemerintahan Kabinet Kerja hanya sekitar Rp140 triliun. Namun kini terus bertambah hingga 28 persen menjadi Rp183 triliun.

"Profitability ketika Ibu Rini masuk menjadi Menteri masih sekitar Rp140 triliun, sekarang hampir Rp180 triliun. Bu Menteri justru harapannya tahun ini bisa tembus Rp200 triliun," tutur Imam seperti dikutip dari Antara, Rabu (28/3).

Cari Dana Murah, Waskita Karya dan Jasa Marga akan RDPT di Pasar Modal

Deputi Bidang Usaha Konstruksi dan Sarana dan Prasarana Perhubungan (KSPP) Kementerian BUMN Ahmad Bambang mengatakan bahwa langkah ini dilakukan demi memperkuat keuangan perseroan. Maka dari itu, pendanaan melalui instrumen RDPT dinilai cocok bagi Jasa Marga dan Waskita Karya yang banyak berinvestasi pada proyek infrastruktur berskala besar.

Hotel Indonesia Group Bidik Kelola 60 Hotel BUMN

Sejauh ini komposisi pemegang saham mayoritas HIG dipegang oleh HIN, yakni 51 persen, dan sisanya 49 persen dimiliki Patra Jasa.

Direktur Utama Patra Jasa sekaligus salah satu pendiri Hotel Indonesia Group (HIG) Muhamad Haryo Yunianto mengatakan pertumbuhan hotel BUMN di bawah HIG bakal membuat seluruh hotel BUMN memiliki standarisasi operasional dan layanan yang seragam.

Banyak Anak Muda Kini Tertarik Berkarir di BUMN? Ini Alasannya!

Tiap hari ribuan anak muda dengan membawa sejumlah persyaratan di map mengerumuni stand-stand yang menawarkan job carrier tersebut. Mulai dari Telkom, Bank Mandiri, PGN, Wika, Adhi Karya, Waskita, dan lainnya.

Selama pameran tersebut, menurut panitia tidak kurang dari 15.000-an pelamar memasukkan aplikasinya. Pelamar terbesar diperoleh PT Telkom dan anak usahanya. Sementara sisanya terbagi atas sejumlah BUMN karya yang kini sedang gencar membangun infrastruktur dan membentuk anak usaha baru.

BUMN Dominasi Proyek Infrastruktur, 37 Ribu Kontraktor Swasta Gulung Tikar

Wakil Ketua Umum III Gabungan Pelaksana Konstruksi Nasional Indonesia (Gapensi), Bambang Rachmadi menyatakan, akibat dominasi BUMN di proyek infrastruktur, sekitar 37 ribu kontraktor swasta bangkrut. Kontraktor-kontraktor tersebut gagal mendapat order atau tidak dibayar oleh pemberi kerjanya.

‎"Dalam proyek infrastruktur, rata-rata BUMN mendapat order Rp 328 triliun per BUMN. Swasta hanya Rp 15 miliar per perusahaan," ujar dia dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin (26/3/2018).

Bintang Film Dewasa Akui Terlibat 'Cinta Satu Malam' dengan Donald Trump

Kemunculannya dalam wawancara ini adalah yang pertama setelah di tahun 2006 kabar seputar hubungannya itu mencuat. Stormy memilih untuk membicarakan tentang bukti perselingkuhan dan mengungkap bahwa dirinya mendapat ancaman untuk tetap diam.

Stormy membeberkan bahwa ia pernah sekali berhubungan badan dengan Trump dalam sebuah acara golf selebriti di Lake Tahoe tahun 2006.

PT Pelindo III Cari Tenaga IT, Ini Syaratnya!

Pelindo III membuka lowongan kerja untuk posisi mobile application programmer for iOS (MAPI) dan posisi web application programmer (WAP).

Lowongan untuk dua posisi tersebut memberikan syarat minimal pendidikan D3 jurusan Teknik Informatika, Sistem Informasi atau Ilmu Komputer. Lowongan ini juga terbuka bagi mahasiswa tingkat akhir yang telah lulus sidang proposal skripsi atau laporan tugas akhir.

Belanja Modal Semen Indonesia Menyusut 58 Persen

"Untuk tahun ini anggarannya sekitar Rp 2,5 triliun," ujar Agung Wiharto, Sekretaris Perusahaan SMGR, Kamis (15/3).

Tahun lalu, capex SMGR sekitar Rp 6 triliun. Artinya, capex tahun ini menyusut 58%.

Dari alokasi tersebut, sebesar Rp 1 triliun untuk maintenance. Sisanya untuk proyek-proyek perusahaan. "Proyeknya juga tidak besar," imbuh Agung.

Utang BUMN Makin Menggunung, Prospek Proyek di Daerah Belum Jelas

Peneliti senior di Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Faisal Basri mengatakan pembangunan infrastruktur sebenarnya lebih banyak mengandalkan pembiayaan dari dana internal BUMN yang mendapat penugasan pembangunan.

Menurut dia, infrastruktur yang sedang gencar dibangun oleh negara melalui BUMN kebanyakan berasal dari dana masing-masing perusahaan tersebut. Bukan berasal dari utang yang diambil pemerintah langsung.