Primary tabs

Apa yang akan terjadi jika hubungan cinta di tempat kerja berakhir buruk?

Asmara di kantor ternyata masih banyak dan sering terjadi. Tak mengejutkan, karena saking lamanya waktu yang dihabiskan orang di kantor dan pekerjaannya kini. Sepadankah dengan risikonya?

Hampir 40% pekerja di AS pernah mengencani kolega dalam perjalanan karier mereka, menurut survey CareerBuilder terbaru. Dan sepertiga dari hubungan tersebut berujung pada pernikahan.

Di Jerman, angka itu bahkan lebih tinggi lagi, di mana 60% karyawan mengakui pernah terlibat hubungan dengan kolega, menurut survey dari portal lowongan kerja kalaydo.de. Di Jepang, angka itu jauh lebih rendah, hanya satu dari tiga pekerja menemukan cinta di tempat kerja, menurut survey perusahaan pencari staf global Randstad.

Tapi apa yang terjadi jika hubungan cinta Anda di tempat kerja jadi memburuk? Apakah berkencan dengan kolega Anda yang menawan sepadan dengan risikonya? Dan bagaimana jika orang itu adalah manajer atau yunior Anda? Atau malah lebih rumit lagi, sudah menikah? Apakah Anda wajib membuka hubungan ini ke perusahaan?

Hari-hari awal

Bagi Kelly Finn, konsultan utama di divisi IT pada perusahaan pencari bakat WinterWyman yang berbasis di Boston, masuk akal untuk merahasiakan masa-masa awal hubungannya. Finn bertemu dengan pria yang akan menjadi suaminya saat bekerja di WinterWyman di divisi berbeda.

"Kami berkencan selama delapan bulan dan tak memberitahu siapa-siapa di kantor," katanya lewat email. "Hubungan ini masih baru dan kami tak mau terganggu atau menjadi bahan gosip perusahaan dan drama."

Kehidupan seks yang normal, apakah itu?

Bagaimana cara menjadi bos yang disukai semua orang?

Bagaimana caranya untuk bisa bangun pagi?

Namun kemudian muncul perjalanan yang dibiayai perusahaan yang harus dihadiri oleh Finn dan calon suaminya. "Kami tahu ini serius dan kami tak mau harus menyembunyikan hubungan kami sepanjang perjalanan, jadi kami mengundang presiden perusahaan untuk bertemu dan pertama memberitahunya," kata Finn. "Kami tak mau dia mendengarnya dari desas-desus."

Finn merekomendasikan untuk menyampaikan pada manajemen senior saat waktunya tepat. "Yakinkan bahwa ini tidak akan mempengaruhi performa kerja Anda, dan Anda bisa menghadapi hubungan ini secara profesional di kantor," katanya.

Merahasiakan

Namun tak semua orang memilih untuk memberitahu orang lain. Sepertiga dari pekerja yang pernah menjalin cinta di tempat kerja merahasiakan hubungan itu, menurut survey CareerBuilder.

"Terlepas dari Anda membuka atau merahasiakan hubungan itu, penting untuk berhati-hati, profesional dan memperlakukan satu sama lain sebagai kolega di kantor, dan bukan sebagai partner romantis," kata Rosemary Haefner, direktur sumber daya manusia CareerBuilder yang berkantor di Chicago, lewat email.

"Beri satu sama lain ruang fisik dan hormati sesama rekan kerja."

Jangan mesra di tempat kerja

Berkencan dengan kolega bisa menjadi pengalaman yang menyenangkan, kata Elaine Varelas, manajer rekanan di Keystone Partners, perusahaan manajemen karier, yang berpusat di Boston. Tapi Anda harus sadar berada di mana.

"Anda punya banyak kesamaan dan Anda akan bertemu setiap waktu, tapi harus ingat untuk tak memamerkan rasa sayang di kantor," katanya lewat email, karena pamer kemesraan bisa membuat orang lain merasa tak nyaman dan membuat Anda terlihat sama sekali tak profesional. "Meski Anda bertemu kekasih di tempat kerja, tapi hari kerja adalah saatnya Anda fokus pada pekerjaan — bukan pada hubungan."

Ketahui aturan

Memang jarang karyawan yang benar-benar membaca buku petunjuk perusahaan, tapi jika Anda akan menjalin percintaan dengan kolega, ini adalah waktu yang tepat untuk membuka buku panduan tersebut. Maka Anda bisa tahu jika ada panduan resmi tentang percintaan di kantor, kata Varelas.

Siapkah Anda menghadapi konsekuensinya ketika hubungan tak berlanjut dan malah berakhir buruk?

"Penting untuk melakukan ini sebelum Anda membuka hubungan ini pada siapapun, termasuk bagian SDM," katanya. "Anda akan datang ke pertemuan itu dan siap apa masalah yang — jika ada — akan Anda hadapi."

Dan, tergantung perusahaan Anda, mungkin Anda tak punya pilihan untuk merahasiakannya, menurut Sharon Schweitzer, mantan bagian pengacara SDM dan pendiri dan direktur dari Protocol & Etiquette Worldwide yang berbasis di Austin, Texas.

"Mungkin hubungan ini bisa melanggar kebijakan pencegahan pelecehan seksual di tempat kerja," katanya lewat email, apalagi jika salah satu lebih senior dari yang lain. "Anda mungkin harus melaporkan bahwa Anda sedang berkencan dan terlibat secara romantis."

Dan meski Anda tidak berada di divisi dan departemen yang sama saat Anda pertama berkencan, posisi bisa berubah, menurut Schweitzer.

"Ingat, Anda bisa dipindahkan dan akhirnya malah mengawasi pasangan Anda di departemen lain," dia mengingatkan.

Pindah departemen bisa menjadi satu pilihan. "Jika Anda jatuh cinta, pikirkan serius tentang pindah ke departemen lain atau perusahaan lain," katanya. "Jangan rusak karir Anda, mentor, dan kolega dalam proses ini."

Bisakah Anda menghadapi konsekuensinya?

Penting untuk tetap menjaga profesionalisme di tempat kerja, kata Dr. Lorraine Tilbury, pendiri perusahaan pengembangan personal dan profesional HorsePower International, yang pusatnya di Loire Valley di Prancis. Tapi ini bisa menantang jika hubungan Anda berakhir.

"Anda tetap harus bekerja bersama," katanya. Tanya pada diri sendiri, "Apakah kedua belah pihak cukup dewasa untuk menangani patah hati mereka secara pribadi, tetap santun satu sama lain di publik dan tetap mencapai tujuan profesional mereka?"

Tilbury mengatakan bahwa dia tahu ada beberapa kolega yang mengalami naik-turun emosi karena patah hati dari hubungan cinta di tempat kerja – mereka menjadi depresi dan absen secara fisik karena tak bisa lagi menghadapi orang yang putus dengan mereka di tempat kerja.

"Jika Anda tak bisa membayangkan harus bertemu setiap hari dengan mantan Anda, maka sejak dari awal Anda harus menghindari menjalin hubungan di tempat kerja," katanya.

Bukan hanya tentang Anda

Bagi Rachel Sutherland, risikonya sepadan setelah dia bertemu calon suaminya di The Battle Creek Enquirer, sebuah koran kecil di Michigan. "Suami saya dan saya masih muda, tapi kami serius dengan pekerjaan kami dan tahu, saat memasuki hubungan, bahwa berada di hubungan ini di tempat kerja yang kecil bisa berdampak negatif," katanya lewat email.

"Maka itu kami betul-betul memastikan agar kami tak salah."

Tapi Sutherland mengatakan dia akan melakukan hal yang berbeda jika itu hanya seseorang untuk menghabiskan waktu. "Putus cinta itu sulit terlepas dari lokasi," katanya.

"Saat Anda harus bertemu dengan mantan kekasih ketika bersama teman-teman dan di tempat kerja akan sulit bagi Anda dan kolega Anda, dan berpotensi untuk menyabotase karir jika Anda tak bisa menghadapi stres dari situasi tersebut." (BBC)